blog-img
30/07/2020

Pembekalan Virtual KKN Tematik 2020

Administrator | Pengabdian Masyarakat

stmik-yadika.ac.id – Pasuruan.   Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan lapangan bagi mahasiswa yang menempuh bagian akhir dari program pendidikan S-1. Program ini mampu mendorong empati mahasiswa, dan dapat memberikan sumbangan bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat dan bentuk nyata pengabdian masyarakat.

 

KKN tahun ini sangat berbeda, apalagi dibandingkan dengan dua tahun yang lalu, saat itu KKN-nya sifatnya PKL (Praktik Kerja Lapangan, red) yakni ke industri, tapi sejak tahun lalu kita mencoba ke desa-desa, ternyata KKN ke desa lebih berkesan bagi mahasiswa, bahkan sampai ngekos di rumah warga setempat yang tempatnya di pucuk gunung, itu memberi rasa keakraban tersendiri antara mahasiswa dan masyarakat, kata Erri Wahyu Puspitarini, Ketua STMIK YADIKA Bangil, saat memberikan sambutan di acara “Pembekalan Virtual KKN Tematik Covid-19 STMIK YADIKA Bangil 2020”, Rabu (29/07/2020).

 

Kita saat ini beda, karena masih dalam pandemi Covid-19, sehingga program KKN harus tetap dengan protokol kesehatan. Peserta KKN akan dibagi kelompok  berdasarkan kluster domisili mahasiswa yang akan menempati lokasi terdekat dengan domisili mahasiswa, tambahnya.

 

Erri melanjutkan, meski daerah kita zona merah, bukan berarti KKN tidak kita adakan, ini tetap wajib sebagai salah satu syarat sebelum maju proposal skripsi semester depan, agar proses akademik mahasiswa tidak terhambat.

 

Mahasiswa yang KKN agar menjaga mana baik almamater, karena mendatangi daerah sendiri dengan membawa nama kampus, ini juga menjaga kelangsungan kerjasama dengan desa, kalau ada permasalahan bidang TI di desa tersebut, mahasiswa silahkan membantu, pesan Erri.

 

Ia berharap, KKN Tematik Covid-19 ini akan mendorong kepedulian mahasiswa terhadap berbagai persoalan Covid-19 di lokasi, termasuk pembelajaran, kepemimpinan, dan bersosialisasi.

 

Sementara itu, Wakil Ketua 3 bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) telah membagi menjadi 8 kelompok yang tersebar di 8 lokasi berdasarkan kluster domisili mahasiswa, setiap kelompok beranggotakan 8-12 mahasiswa, dan didampingi oleh 1-2 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

 

Sebaran lokasi yakni di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo. Domisili Kecamatan Bangil ditempatkan 3 lokasi, domisili Pasuruan timur ditempatkan di Kecamatan Gondangwetan, domisili Pasuruan selatan ditempatkan di Kecamatan Sukorejo, domisili Pasuruan tengah ditempatkan di Kecamatan Rembang, domisili Kota Pasuruan ditempatkan di Kecamatan Panggungrejo, sedangkan domisili Pasuruan Barat dan Sidoarjo ditempatkan di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo yang berbatasan dengan Pasuruan Barat.

 

Jadwal, tahapan, dan program kerja selama KKN tahun ini dipadatkan, tahun sebelumnya selama 40 hari, sedangkan tahun ini tidak sampai tiga Minggu, yakni 10-28 Agustus 2020.

 

KKN Tematik Covid-19 ini menjaga keseimbangan dua sisi, kelimuan TI dan Covid-19, serta keselamatan dan pengabdian.[#HM]

Populer