blog-img

Semester Depan Kuliah Tetap Daring

29/08/2020 | Administrator | Akademik

stmik-yadika.ac.id – Pasuruan.   Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kampus STMIK Yadika Bangil untuk semester depan, yakni semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 tetap dilaksanakan melalui Dalam Jaringan (daring).

 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua I Bidang Akademik, M. Noval Riswandha, dalam forum Rapat Awal Semester yang diikuti oleh para Dosen STMIK Yadika Bangil, pada Rabu (26/08/2020).

 

Di kesempatan itu, Noval juga melakukan evaluasi pembelajaran semester sebelumnya. Akibat Pandemi Covid-19, sejak 16 Maret 2020, STMIK Yadika Bangil melakukan perkuliahan secara Daring, UTS dan UAS secara Daring, ujian proposal dan ujian skripsi secara luring dan daring, pelepasan KKN secara daring dan yudisium juga secara daring.

 

Dalam perkuliahan Daring, bidang Akademik juga melakukan evaluasi diantaranya, yakni: pertama; kuliah daring kurang bisa maksimal terutama untuk mata kuliah yang sifatnya pratikum. Tidak hanya di kampus ini, beberapa kampus lain yang program studi Informatika juga mengalami hal yang sama.

 

Kedua; komunikasi dosen dan mahasiswa sedikit terhambat, misalnya materi kurang dipahami mahasiswa karena memang tidak ada kuliah tatap muka.

 

Ketiga; sinyal dan paket data juga terhambat. Meskipun pihak kampus juga sudah melakukan skema subsidi pulsa bagi para mahasiswa.

 

Untuk metode perkuliahan daring, dosen diberikan kebebasan dalam memberikan materi, misalnya google classroom, zoom meeting, YouTube, atau bahkan WhatsApp, termasuk pemberian tugas disesuaikan dengan kemampuan, waktu dan kondisi mahasiswa, jelas Noval.

 

Berdasarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran semester gasal 2020/2021 di PerguruanTinggi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, dimungkinkan kondisi khusus pratikum dapat dilakukan dengan tatap muka di kampus dengan protokol kesehatan yang ketat, tandasnya.[#HM]

Populer