Berita

image

STMIK Yadika Bangil Studi Ekskursi Denpasar Smart City

Selasa, 20 November 2018 Kemahasiswaan 65

Sejumlah perwakilan 20 Mahasiswa dari 53 rombongan Mahasiswa dan 10 dosen STMIK Yadika Bangil melakukan Studi Ekskursi ke Dinas Komunikasi dan Infomasi (KOMINFO) Kota Denpasar untuk belajar tentang smart city pada Senin (19/11). 

Erri Wahyu Puspitarini, Ketua STMIK Yadika Bangil sekaligus ketua rombongan mengatakan “dipilihnya kota Denpasar sebagai salah satu tempat tujuan Studi Ekskursi karena Denpasar menjadi salah satu dari 100 smart city se-Indonesia yang sedang dicanangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Infomasi Republik Indonesia, sehingga kami tertarik untuk berkunjung langsung”. Kunjungan tersebut diterima baik oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Dewa Made Ariawan, Kepala Bidang,  Krisna dan Kepala Seksi, Dewa Rama.

Dalam pemaparannya, Dewa Made Ariawan mengutarakan “lahirnya Denpasar sebagai smart city berangkat dari menjawab permasalahan ataupun keluhan timbul di perkotaan termasuk Denpasar dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”. Krisna mengutarakan lebih lanjut, “dari 140 lebih aplikasi yang ada di Pemkot Denpasar, yang terintregrasi masih 27, kedepan kami targetkan seluruh aplikasi sudah terintregrasi”.

Selain itu, Dewa Rama juga mempresentasikan sambil menunjukkan di layar monitor, kalau di buat grafik, laporan tertinggi tentang infrastruktur, misal jalan rusak atau berlobang. “Begitu ada laporan dari masyarakat berupa foto tentang jalan berlobang misalnya, maka kami segera melanjutkan kepada dinas terkait agar segera diverifikasi dan  ditindaklanjuti, maka pada hari yang sama sudah dapat diperbaiki, foto yang sudah diperbaiki juga diupload, jadi ada before after nya”.

Dalam sesi tanya jawab, Sulaiman, mahasiswa semester 5B prodi S1 Teknik Informatika menanyakan tentang bagaimana cara membangun tim yang solid dalam menyiapkan aplikasi yang handal. Berikutnya Nita, mahasiswi semester 5A prodi D3 Manajemen Informatika menanyakan penyebab belum terintregrasinya seluruh aplikasi. Seluruh pertanyaan dari mahasiswa, dapat dijawab dengan baik oleh pimpinan dan staf Kominfo Kota Denpasar. (#HM).

Leave a Comment

Your email address will not be published.