Berita

image

Workshop Open Source Software di STMIK Yadika

Sabtu, 19 Januari 2019 Kemahasiswaan 162

Dua hari ini, Sabtu-Minggu (19-20/01/2018) di kampus STMIK Yadika mengadakan workshop tentang Open Source Software. Workshop ini digagas oleh komunitas Pasuruan Developer [PasDev] yang beranggotakan sebagian dari mahasiswa dan alumni STMIK Yadika. Workshop kali ini bekerjasama dengan LibreOffice sekaligus menjadi tema workshop, “Penerjemahan LibreOffice”.

 

Acara workshop ini dihadiri oleh ketua STMIK Yadika, Erri Wahyu Puspitarini, Wakil Ketua 3 bidang Kemahasiswaan, sejumlah mentor yang kompeten, diantaranya : Imanuel Ronaldo, Fadhil Yori dan Dafid Ekhwani. Ketua PasDev, Baehaqi yang merupakan alumni STMIK Yadika wisuda 2018 dalam sambutannya mengungkapkan “STMIK Yadika merupakan satu-satunya kampus yang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Hackathon sampai saat ini. Hackathon merupakan kolaborasi pengembangan perangkat lunak, berkaitan pemrogaman komputer”.

 

Berikutnya dalam sambutan ketua STMIK Yadika, Erri Wahyu berpesan “agar para mahasiswa menyiapkan diri untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam hal literasi bahasa termasuk melalui kegiatan ini penerjemahan LibreOffice,  tidak semua bahasa teknik bisa diterjemahkan dengan baik ke dalam bahasa Indonesia, diharapkan LibreOffice dapat membantu sehingga bahasa tidak lagi menjadi kendala berarti.

 

Sementara itu, STMIK Yadika merupakan tuan rumah ke-5 di Indonesia, sebelumnya nama kota dan kata yang diterjemahkan dalam coding sebagai berikut :

Pertama: Hackathon Translasi Gresik, 24.448 string

Kedua: Hackathon Translasi Yogyakarta, 39.418 string

Ketiga: Hackathon Translasi Malang, 38.213 string

Keempat: Hackathon Translasi Surabaya, 29.922 string

 

Workshop ini memang diberi kuota terbatas, yakni diikuti oleh 25 peserta, sebagian besar dari mahasiswa STMIK Yadika, ada juga peserta dari kampus lain baik kampus dari Pasuruan sendiri maupun dari mahasiswa kota lain. [#HM]

Leave a Comment

Your email address will not be published.