Berita

image

Belajar ke Start Up Pencari Kerja

Selasa, 11 Februari 2020 Kemahasiswaan 62

stmik-yadika.ac.id – Jakarta.  Para pencari kerja, untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, tidak hanya melalui metode konvensional berupa iklan lowongan dikoran, job fair yang diadakan Pemerintah Daerah bekerjasama dengan perusahaan, ataupun cara-cara konvensional lainnya. Saat ini telah tersedia Start Up atau portal penyedia informasi lowongan kerja,. Dengan dasar itulah STMIK YADIKA Bangil melakukan Studi Ekskursi kedua di Jakarta, studi tentang Perusahaan Start Up Pencari Kerja, Kamis malam (23/01/2020).

Penjelasan dari Perusahaan Start Up Pencari Kerja berlangsung di hall sebuah hotel, tempat menginap rombongan sejumlah 86 mahasiswa dan 5 dosen pendamping STMIK YADIKA Bangil. Bayu, selaku wakil dari TopKarir.com memaparkan, “portal kami mempertemukan pencari kerja dan pencari kandidat melalui online, sama halnya juga di online dapat mempertemukan penjual dan pembeli, begitulah filosofinya”. Kami telah membantu ribuan pencaker untuk mendapatkan pekerjaan, baik pekerjaan tetap maupun pekerjaan paruh waktu, ujarnya.

Sebelum pemaparan, mahasiswa diminta untuk mengunduh aplikasi TopKarir di Play Store melalui handphone masing-masing. Perusahaan dengan tagline, Portal Karirnya Anak Muda Indonesia, juga memberikan voucher kepada peserta.

Lebih jauh Bayu menjelaskan, kalau metode konvensioanal, para pencaker menyiapkan surat lamaran kerja dan Curriculum Vitae di kertas, apalagi kalau job fair maka harus disiapkan dengan banyak lembar, sedangkan dengan portal ini para pencaker cukup menyiapkan soft file Curriculum Vitae, sehingga paperless. Dokumen itu lalu dikirim ke perusahaan sebagai pencari kandidat sesuai kualifikasi dengan kode tertentu, tutur pria berkacamata ini.

Salah seorang peserta yang juga Presiden Mahasiswa, Khusnul Chuluq, mengatakan, “Anak muda harus berani mengambil risiko dan mampu bersaing dalam wirausaha, karena di TopKarir adalah media informasi tawaran dalam dunia pekerjaan dan kewirausahaan”. Chuluq juga melanjutkan, “Sistem informasi TopKarir, sudah menggunakan Artificial Intelligence (AI)”, ungkap mahasiswa yang juga aktiv bermusik ini.

Selain menyediakan informasi lowongan kerja, portal ini juga menyediakan beragam informasi penunjang kerja, misalnya informasi pelatihan, seminar, sertifikasi, tips karir, bahkan klinik karir.

Dikesempatan lain, Wakil Ketua III STMIK YADIKA Bangil selaku Ketua rombongan mengutarakan, ”Dari portal TopKarir.com, setidaknya kita akan mendapatkan pengetahuan dua hal: pertama, tentang bagaimana cara mendapatkan informasi peluang kerja, khususnya dibidang IT; kedua, tentang bagaimana membangun start up, termasuk membidik segmentasinya”, pungkasnya. [#HM]

Leave a Comment

Your email address will not be published.