blog-img

ASYIKNYA BELAJAR JURNALISTIK DI KAMPUS 2 YADIKA BANGIL

12/06/2022 | Administrator | Kemahasiswaan

Bangil - UKM Liputan dan Penyiaran Mahasiswa (LIPMA) STMIK Yadika Bangil, salah satu UKM di STMIK Yadika Bangil yang pada hari sabtu (11/06/2022) mengadakan pelatihan jurnalistik yang bertema "Membangun Kreativitas Mahasiswa Dalam Keterampilan Jurnalistik". Selain dihadiri oleh mahasiswa STMIK Yadika Bangil, pelatihan ini juga dihadiri oleh mahasiswa STIE Yadika Bangil. Antusias para mahasiswa STMIK-STIE Yadika Bangil sangat tinggi. Sekitar 50 peserta hadir untuk mengikuti pelatihan jurnalistik di kampus 2 Yadika Bangil. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Yadika. Kemudian dilanjut dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia kegiatan, pembina UKM Lipma, dan ketua STMIK Yadika Bangil. Tepat pukul 09.00 WIB kegiatan pelatihan jurnalistik dibuka oleh ketua STMIK Yadika Bangil.

Setelah kegiatan pelatihan jurnalistik dibuka oleh ketua STMIK Yadika Bangil, kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak Rozi Al Jufri, salah satu wartawan senior di Radar Bromo. Dengan berbekal pengalaman di Radar Bromo, beliau menjelaskan materi tentang teknik wawancara dan mengolah berita. Kegiatan berjalan tertib dan lancar. Para peserta yang hadir mendengarkan secara seksama materi yang disampaikan oleh Pak Rozi. Sebelum pemaparan materi oleh Pak Rozi berakhir, para peserta diajak untuk praktek membuat berita. Para peserta ditugaskan untuk membuat berita dari video yang telah disediakan oleh Pak Rozi. Tak terasa jarum jam pun menunjukkan jam 12 tepat, tanda pemaparan materi pertama telah berakhir. Pak Rozi berpesan kepada seluruh peserta untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan dan dikumpulkan kepada panitia kegiatan.

Peserta diberi waktu istirahat sekitar 1 jam setelah pemaparan materi pertama. Setelah 1 jam berlalu para peserta pelatihan kembali ke dalam ruangan untuk mendengarkan pemaparan materi kedua. Pemaparan materi kedua disampaikan oleh CEO dari Jingga Group, yakni Pak Teguh Suhandoko. Jingga group merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang advertising, pengadaan barang, fotografi, dan lain sebagainya. Sebagai CEO dari Jingga Group, kemampuan Pak Teguh tidak bisa diragukan lagi. Beliau menjelaskan materi tentang fotografi dan editing kepada para peserta dengan baik. Para peserta terlihat antusias sekali mendengar penjelasan materi yang disampaikan oleh Pak Teguh. Para peserta juga diajak untuk membuat desain layout pada berita. Peserta diberikan waktu selama kurang lebih 1 jam untuk membuat desain layout terbaik menurut mereka. Setelah 1 jam berlalu hasil desain layout dari para peserta pun dikumpulkan. Dua orang peserta mendapatkan hadiah dari Pak Teguh karena telah membuat desain layout yang unik dan menarik.

Tak terasa waktu telah menjelang petang. Seluruh rangkaian kegiatan pun telah dilalui bersama. Sebelum mengakhiri acara, panitia mengajak para peserta untuk melakukan do'a bersama agar ilmu yang didapat selama acara menjadi ilmu yang bermanfaat. Setelah do'a selesai dibacakan, MC mempersilahkan para peserta yang telah hadir untuk meninggalkan ruangan pelatihan. Dengan diadakannya pelatihan ini, pihak kampus STMIK Yadika Bangil berharap para peserta yang telah hadir terutama anggota UKM Liputan dan Penyiaran Mahasiswa (LIPMA) agar bisa terus berkarya dan berkreasi dalam bidang jurnalistik.

Populer