blog-img

MoU Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Merdeka

15/08/2020 | Administrator | Kerjasama

stmik-yadika.ac.id – Malang.   Arah kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan ini bertujuan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya.

 

Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Jawa Timur jelang hari merdeka ini telah menginisiasi kerjasama antar Perguruan Tinggi di Jawa Timur dengan kegiatan “Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dan Nota Kesepakatan (MoA) antar Perguruan Tinggi anggota APTIKOM”, bertempat di Universitas Merdeka Malang, Sabtu (15/08/2020) siang.

 

Sunardi, Wakil Rektor IV bidang Kerjasama Universitas Merdeka Malang dalam sambutan pembukaan mengatakan, “pihaknya baru saja selesai mengikuti sosialisasi program PERMATA-SAKTI (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi, red) yang dilaksanakan oleh Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi, red), intinya sama dengan belajar jarak jauh melalui Teknologi Informasi, kata Sunardi dihadapan 19 Perguruan Tinggi anggota APTIKOM Jawa Timur yang hadir, salah satunya STMIK Yadika Bangil.

 

Berikutnya, Betty Dewi Puspasari, selaku Ketua APTIKOM Jawa Timur, mengutarakan, “Ada program hibah dari Dikti bagi Program Studi yang menerapkan kerja sama kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, APTIKOM memfasilitasi untuk penandatangan MoU dan MoA antar anggotanya, sebab ini menjadi salah satu berkas yang diperlukan”, jelas Betty.

 

Ia mengingatkan semua anggota yang memenuhi syarat dan sudah punya PJJ (Pendidikan Jarak Jauh, red) untuk mengambil kesempatan ini, dan MoU akan berjalan mulai 2021.

 

Sementara itu, Erri Wahyu Puspitarini, selaku Ketua STMIK Yadika Bangil, hadir secara langsung dan telah menandatangani MoU dengan 9 Perguruan Tinggi lain anggota APTIKOM, diantaranya dengan:

  1. Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara (STTAR);
  2. Universitas Brawijaya;
  3. Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang;
  4. STIKOM PGRI Banyuwangi;
  5. Universitas Merdeka Malang;
  6. STMIK PPKIA Pradnya Paramita (STIMATA);
  7. Universitas Ma Chung;
  8. Universitas Widyagama Malang;
  9. Universitas Kanjuruhan Malang;

 

MoU ini ditandatangani tiga pihak, Ketua STMIK Yadika Bangil, Rektor/Ketua masing-masing Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama, serta Ketua APTIKOM Jawa Timur.[#HM]

Populer