blog-img

Pelepasan Virtual KKN Tematik Covid 19

10/08/2020 | Administrator | Pengabdian Masyarakat

stmik-yadika.ac.id – Pasuruan.   Setelah dilakukan pembekalan dan dilanjutkan dengan kunjungan oleh tiap kelompok mahasiswa bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke lokasi sebagai persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19, tahapan berikutnya dilakukan “Pelepasan Virtual KKN Tematik Covid-19 STMIK Yadika Bangil tahun 2020”, Senin (10/08/2020).

 

KKN tahun ini memang dirancang sebagian tahapannya dilakukan secara virtual, termasuk Pelepasan atau pemberangkatan resmi. Saat acara pelepasan, Pimpinan STMIK Yadika Bangil dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berada di kampus, sedangkan mahasiswa berada di kediamannya masing-masing.

 

Sejak pembekalan, pihak panitia terus melakukan persiapan untuk memastikan pelaksanaan KKN dapat berjalan dengan baik, diantaranya dengan mengurus surat izin penelitian ke Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Pemerintah Kota Pasuruan, dan surat rekomendasinya telah didapatkan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbang) masing-masing daerah, agar keberadaan mahasiswa dilokasi KKN tidak bermasalah, apalagi dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, kata Hari Moerti selaku Panitia KKN sekaligus Wakil Ketua 3 STMIK Yadika Bangil, saat menyampaikan laporan panitia di acara Pelepasan Virtual itu.

 

Ia melanjutkan, kalau KKN Tematik Covid-19 ini sudah selaras dengan model KKN Tematik secara Nasional yang dilakukan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud, termasuk lingkup program kerja di KKN tahun 2020 ini, jelasnya.

 

“Hanya satu yang belum, dan nanti bisa dilakukan sebagai program kerja tambahan tiap kelompok, yakni menggunakan aplikasi INARISK, yang bisa di download melalui playstore, dan itu menjadi bagian dari pelaporan di KKN nanti”, tambah Hari.

 

Sementara itu, Erri Wahyu Puspitarini, Ketua STMIK Yadika Bangil, dalam sambutannya menyampaikan pesan agar para mahaiswa selama KKN dapat menjaga almamater, sopan santun, sikap, jangan sampai mencoreng nama baik kampus. Selama beraktivitas silahkan menggunakan jaket KKN atau atribut kampus.

 

Erri menambahkan, agar para mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat setempat, dan pihak pemerintah Desa/Kelurahan di lokasi KKN melalui Progran kerja yang telah disusun.

 

Selain itu, ia menekankan para mahasiswa agar Laporan KKN yang dibuat sesuai panduan, tidak mengubah format dan susunan yang sudah ditentukan, agar seragam.

 

Diakhir sambutan, ia membuka secara resmi pelaksanaan KKN dan dilakukan pelepasan virtual secara simbolis yang ditandai dengan penyematan jaket KKN secara bersama-sama oleh seluruh mahasiswa.[#HM]

Populer