blog-img

PKKMB STMIK YADIKA BANGIL 2021

13/09/2021 | Administrator | Kemahasiswaan

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa dikenal dengan PKKMB merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru di suatu kampus. Acara PKKMB tahun 2021 di STMIK Yadika Bangil dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 September 2021. Dengan jargon PKKMB "Produktif, Progresif, dan Aktif" mengharapkan para mahasiswa baru nantinya bisa lebih produktif dan aktif berorganisasi. Kegiatan PKKMB tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring dan luring mengingat masih dalam keadaan pandemi covid-19.

Kegiatan ini dimulai pada hari jum'at tanggal 10 September 2021 tepatnya jam 16.00 WIB secara luring di kampus STMIK Yadika Bangil. Kegiatan PKKMB 2021 ini diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh wakil ketua 2 bidang administrasi, yakni Bapak Abdul Makin, S.Kom., MM.

Setelah apel, para mahasiswa baru diarahkan ke aula STMIK Yadika Bangil karena ada VT dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (MENDIKBUDRISTEK), yakni Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Pada VT tersebut bapak Nadiem berpesan "Menjadi mahasiswa tidak sama dengan jenjang kenaikan sekolah, menjadikan mahasiswa merdeka, dan berfikir luas untuk menentukan arah masa depan". Kemudian bapak Nadiem juga mengharapkan mahasiswa di Indonesia khususnya mahasiswa STMIK Yadika Bangil untuk belajar di luar prodi kampus selama 3 semester untuk mengikuti program kampus merdeka seperti magang, pertukaran pelajar, mengikuti organisasi sosial, melakukan studi banding, mengkaji riset, bahkan merintis wirausaha.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi PKM. PKM merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam diskusi PKM, seluruh mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 hingga 3 mahasiswa untuk membahas judul dan konsep ide PKM nantinya. Setelah kegiatan PKM selesai, kegiatan PKKMB pada hari jum'at ini berakhir pada jam 20.00 WIB.

Berlanjut pada hari kedua, yaitu hari sabtu tanggal 12 September 2021 dimana PKKMB STMIK Yadika Bangil berlangsung secara daring. Mahasiswa baru diwajibkan memakai batik selama kegiatan PKKMB berlangsung. Kegiatan dimulai pada jam 15.00 WIB dengan pemberian materi kesehatan dari dosen keperawatan Universitas Jember, yakni Bapak Ns. Mukhammad Toha, S.Kep., M.Kep. Materi kesehatan ini berisi tentang kesadaran lingkungan hidup, kampus sehat, covid-19, dan bahaya narkoba.

Setelah pemaparan materi dari Bapak Toha selaku narasumber pada materi kesehatan, lalu kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan pemberian materi kedua, yaitu materi keorganisasian yang diisi oleh ketua koordinator BEM Pasuruan Raya, yakni saudara Bahrul Ulum, S.E. Dengan adanya materi ini, mahasiswa diharapkan bisa berkembang dan aktif berorganisasi nantinya.

Kemudian terdapat VT sambutan dan materi anti terorisme dari kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), yakni Bapak Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar dan dilanjutkan dengan materi bela negara oleh Brigjen TNI Jubei Levianto selaku direktur bela negara. Bapak Jubei Levianto berpesan kepada mahasiswa baru STMIK Yadika Bangil agar menjadi mahasiswa yang dapat menggunakan teknologi informasi secara cerdas untuk hal-hal yang positif. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi etika bersosial media oleh Yosi Mokalu, seorang musisi yang menjadi narasumber dalam materi etika bersosial media.

Pada hari ketiga merupakan hari yang cukup istimewa bagi para mahasiswa baru STMIK Yadika Bangil. Karena pada hari ketiga ini diadakan kegiatan seperti senam pagi, sarapan bersama, games, dan beberapa outbond yang disediakan pihak kampus dan panitia PKKMB. Setelah rangkaian kegiatan pada hari ketiga PKKMB selesai, para mahasiswa baru melaksanakan apel penutup gabungan di kampus STIE Yadika Bangil. Acara pada hari ketiga PKKMB ini resmi selesai pada jam 20.00 WIB.

Populer