blog-img

Upgrade Public Speaking Skill

30/11/2020 | Administrator | Kemahasiswaan

stmik-yadika.ac.id – Pasuruan.   Kemampuan berbicara di depan umum, kadangkala masih menjadi kendala mahasiswa, termasuk bagi mahasiswa STMIK Yadika. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, STMIK Yadika menggelar webinar dengan tema “Upgrade Public Speaking Skill” melalui zoom meeting dan live streaming youtube.com/stmikyadika, pada Sabtu (28/11/2020) malam.

 

Webinar ini dibuka oleh Ketua STMIK Yadika, Erri Wahyu Puspitarini, sedangkan pembicara tunggal dalam webinar ini, yakni Emil Akbar, seorang praktisi dibidang public speaking. Di Pasuruan dan sekitarnya, ia dikenal luas sebagai MC, Host, Announcer, voice over, presenter, jurnalis, dll.

 

Dalam paparannya, Emil menyampaikan bagaimana agar bisa berbicara didepan umum, meskipun lebih nyaman kalau langsung praktik, karena Ilmu public speaking itu 90% praktik, kalau teori para mahasiswa bisa mencari sendiri di google atau dimanapun”, kata Emil diawal paparannya.

 

Berhubung kita masih pandemic Covid-19, maka melalui webinar ini menjadi jalan terbaik untuk sama-sama save dan sama-sama menularkan ilmu, lanjut Emil

 

Dalam berbicara didepan umum, ada yang menarik, ada yang membosankan. Kenapa menarik, mungkin ada chemistry, kenapa membosankan mungkin terlalu lama. Tentu banyak faktor, lanjut Emil lagi.

 

Lalu bagaimana bisa berbicara menarik dan tidak membosankan. Pertama, berlatih. Awalnya saya sering jadi MC acara hiburan saja, tiba-tiba saya diminta untuk menjadi MC acara Pemerintahan, tentu saya belajar, karena jelas berbeda. Kedua, mencontoh. Kita boleh mencontoh. Saya dulu mengidolakan Choki Sitohang, akhirnya gayanya terbawa, tapi lambat laut saya mencari jati diri. Saya juga pernah dipasangkan Choki Sitohang jadi MC wedding di Surabaya.

 

Webinar yang dipandu oleh Hari Moerti, telah menyodorkan sejumlah pertanyaan peserta saat mendaftar webinar, diantaranya cara mengatasi grogi, ngeblank, demam panggung, dan sejenisnya.

 

Mendapat pertanyaan itu, Emil menekankan untuk berani memulai dari diri sendiri, baik cara berbicaranya, intonasi suara, termasuk berbicara dengan siapa, apakah orang yang lebih tua, dengan dosen, kata lelaki yang pernah menjadi MC saat kedatangan Presiden RI, Joko Widodo di acara peresmikan jalan tol Pasuruan.

 

Diakhir webinar, ia mempratikkan jadi MC dengan beragam model acara, mulai pembukaan, menyapa yang datang, dan cara melibatkan peserta saat narasumber belum datang.[#HM]

 

Link streaming: disini

 

Populer